Pembangunan Kota

Syarat-Syarat dan Faktor Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Syarat-Syarat dan Faktor Keberhasilan Pembangunan Ekonomi – Dalam melaksanakan pembangunan ekonomi tidak begitu saja dapat dilaksanakan, akan tetapi diperlukan beberapa syarat-syarat yang mendukung. Syarat utama dalam pembangunan adalah adanya pemerintahan dan rakyat. pembangunan tergantung pada pemerintah dan rakyat.

Pembangunan tidak dapat berjalan apabila hanya salah satu yang menjalankan. Sehingga pembangunan pada dasarnya adalah dari rakyat untuk rakyat. Rakyat yang berdaulat, maka sudah sewajarnya rakyat pulalah yang menikmati hasil-hasil pembangunan.

Pembangunan yang hanya dijalankan oleh satu pihak atau dipaksakan, artinya tanpa melibatkan rakyat dalam arti sebenarnya bukanlah model pembangunan yang ideal. Pembanguan semacam ini dapat terjadi, namun dalam kondisi dimana sistem pemerintahannya adalah diktator. Model pembangunan diktator hanya akan melahirkan penderitaan dan kesengnsaraan rakyatnya, oleh karena itu model pembangunan yang seimbang atau ideal adalah model pembangunan dengan melibatkan dan didukung penuh oleh rakyat. Dukungan ini dalam bentuk partisipasi rakyat. Jika pembangunan hanya dilakukan oleh pemerintah, yaitu mengandalkan sepenuhnya pemerintah, maka dapat dipastikan pembangunan tidak akan mencapai sasaran yang diinginkan, oleh karena itu peran serta masyarakat menjadi sangat penting.

Penduduk, masyarakat atau istilahnya sumberdaya manusia merupakan aset penting dalam pembangunan, mengingat penduduk sebagai suatu agent of development, sehingga tidaklah berlebihan bila dikatakan berhasil tidaknya pembanguan ditentukan oleh sikap penduduk selama proses mpembangunan berlangsung.

Faktor-Keberhasilan-Pembangunan-Ekonomi

Ada beberapa faktor yang sangat menentukan keberhasilan pembangunan, yaitu:

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu negara merupakan anugerah yang perlu disyukuri, sebab tidak semua negara memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan lengkap. Sumber daya alam seperti hutan dengan segala

  Dormansi: Pengertian, Penyebab, Klasifikasi, Bentuk dan Cara Pemecahan Dormansi

isinya, hasil pertambangan sudah sewajarnya digunakan untuk kepentingan dan kemakmuran masyarakatnya. Dalam konsep pembangunan yang berkelanjutan, sumberdaya alam yang memiliki nilai ekonomis tinggi hendaknya tidak dieksploitasi.

Sebab keberadaannya perlu dipikirkan untuk generasi yang akan dating. Jangan sampai hasil hutan dijarah habis sehingga mengakibatkan hutan gundul dan pada gilirannya dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Akumulasi Modal

Modal atau kapital diperlukan dalam proses pembangunan.Modal diperlukan guna membiayai proyek-proyek yang dijalankan oleh pemerintah maupun swasta. Modal dibentuk melalui proses tabungan, investasi dan akumulasi modal. Modal dapat diperoleh dari dalam negeri, yaitu melalui penghimpunan tabungan masyarakat maupun dari luar negeri melalui bantuan luar negeri atau hutang luar negeri dan investasi asing.

Organisasi

Organisasi atau kumpulan sekelompok masyarakat sebagai tempat untuk mengorganisir semua kebutuhan masyarakat. Sehingga melalui organisasi dapat tertampung aspirasi masyarakat yang berkembang terus. Melalui organisasi masalah-masalah pembangunan dapat dipecahkan secara bersama-sama dan lebih demokratis.

Kemajuan Teknologi

Teknologi akan selalu mengalami perkembangan terus menerus. Kemajuan di bidang teknologi akan membantu dalam proses pembangunan. Kemajuan di bidang teknologi hanya dimungkinkan oleh sumber daya manusia yang berkualitas.

Oleh karena itu pengembangan sumber daya manusia menjadi hal yang penting. Investasi sumber daya manusia bukanlah investasi jangka pendek tetapi merupkan invesatasi untuk jangka panjang, sehingga hasil yang diperoleh tidak dapat dilihat dalam sekejap. Kemajuan suatu bangsa pada saat ini sangatlah ditentukan oleh kemajaun di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Negara-negara maju mempunyai perhatian yang sangat besar terhadap perkembangan teknologi. Hal ini memungkinkan karena di negara maju tersedia dana dan sumber daya manusia. Sebaliknya di negara sedang berkembang dana sangat terbatas dan sumber daya manusia yang dimiliki sangat terbatas.

  Dormansi: Pengertian, Penyebab, Klasifikasi, Bentuk dan Cara Pemecahan Dormansi

Pembagian Kerja

Sistem pembagian kerja yang dikemukan oleh Adam Smith pada hakekatnya adalah sebagai suatu spesialisasi, dapat meningkatkan kerja atau produkstivitas. Pembagian kerja diperlukan untuk meningkat keterampilan dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan melalui produktitas yang tinggi. Produktivitas dapat dicapai melalui kerja keras, disiplin dan ulet. Akan tetapi itu semua belum menjamin pada tingkat pendapatan yang tinggi. Sebab profesi atau jenis pekerjaan sangat menentukan tingkat upah yang diterima.

Skala Produksi

Pembangunan ekonomi pada hakekatnya adalah proses peningkatkan produksi yang dilakukan oleh masyarakat. Kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa sangat tergantung pada skala produksi yang dimiliki oleh suatu negara.

Faktor Sosial

Kehidupan sosial, politik dan kebudayaan masyarakat di negara sedang berkembang tidak dapat dilepaskan daerah kehidupan sosial, politik dan kebudayaan masyarakat internasional, maka sistem sosial dalam negeri saling berhubungan sistem sosial internasional beserta dengan organisasi dan peraturan-peraturan pelaksanaan tentang ekonomi global. Aspek yang terpenting dari kondisi ini adalah munculnya fenomena dominasi dan dependensi atau ketergantungan di antara negara maju dengan negara-negara sedang berkembang.

Faktor Manusia

Sumber daya manusia sebagai agent of development, pelaksanan dan penentu berhasil tidaknya pembangunan. Sumber daya manusia merupakan faktor produksi dalam proses pembangunan, sehingga bentuk dan sstem yang ada merupakan produk dari sumber daya manusia yang dimiliki.

Sumber daya manusia yang handal merupakan aset dalam pembangunan. Permasalahan muncul apabila sumber daya manusia yang dimiliki sangat terbatas dengan kualitas yang sangat rendah. Di negara sedang berkembang pada umumnya sumber daya manusia yang dimiliki melimpah dengan kualiatas yang rendah. Dengan kondisi seperti ini jelas sangat menghambat proses pembangunan.

Faktor Politik dan Administrasi

Pengaruh kepentingan dan kekusaan pada masyarakat negara sedang berkembang mempunyai segmen yang berbedabeda. Hal ini sangat tergantung pada sisten soisal, ekonomi dan sejarah politik yang dimiliki oleh masing-masing negara sedang berkembang. Pada dasarnya di negara sedang berkembang peran militer dalam negara sangat kuat. Di Amerika Latin, kekuasaan negara terdiri dari militer, industrialis dan pemilik tanah, sedang di Afrika para politikus dan kaum buruh yang berkuasa.

Posts created 8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas